A. Blok Program dalam Pascal
Program
{
Blok tempat untuk memberikan nama program atau nama aplikasi yang dikehendaki}
Uses
{
Blok untuk memanggil program yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi}
Type
{
Blok untuk mendeklarasikan type data bentukan yang diperlukan dalam aplikasi}
Const
{Blok
untuk mendeklarasikn konstanta yang dibutuhkan di dalam aplikasi}
Var
{Blok
untuk mendeklarasikn variable yang dibutuhkan di dalam aplikasi}
Begin
{Letak
Program Utama}
End.
A.1 Contoh program sederhana menggunakan
Pascal
Program hello_pascal;
Uses wincrt;
Begin
Writeln('Hello Selamat Datang') ;
Writeln('Mari Belajar Pascal ')
;
End.
A.2 Contoh
program yang melibatkan variable
Program hello_nama;
Uses wincrt;
var
nama
: String;
Begin
Write('Masukkan Nama Anda : ') ;
Readln(nama);
Writeln('Selamat Datang ',nama, ', apa kabar ?' ) ;
End.
A.3 Contoh
program yang melibatkan operasi matematika
Program penambahan_dua_bilangan;
Uses wincrt;
var
Bil1
: integer;
Bil2
: integer;
Hasil : integer;
Begin
Write('Inputkan Bilangan pertama! : ') ;
Readln(Bil1);
Write('Inputkan Bilangan Kedua! : ') ;
Readln(Bil2);
Hasil := Bil1 + Bil2;
Write(Bil1, ' + ', Bil2,' = ',Hasil )
End.
A.4 Contoh
program menghitung luas Lingkaran
Program HitungLuasLingkaran;
Uses
Wincrt;
Const
PHI =
3.14;
Var
r :
real;
luas :
real;
Begin
Writeln('PROGRAM MENGHITUNG LUAS
LINGKARAN');
Writeln('---------------------------------');
Writeln;
Write('Inputkan Jari Jari Lingkaran : ') ;
Readln(r);
luas
:= PHI * sqr(r);
Write('LUAS = ',luas:2:2);
End.
A.5 Contoh
program Aplikasi Discount
Program
AplikasiDiscount;
uses
wincrt;
var
N_Pembelanjaan : real;
Discount : real;
Bayar : real;
Begin
repeat
clrscr;
write('Inputkan Total Pembelanjaan : ');
readln(N_Pembelanjaan);
write('Inputkan Discount : ');
readln(Discount);
Bayar := N_Pembelanjaan - ((N_Pembelanjaan *
Discount)/100) ;
Write('Uang yang harus dibayarkan = ',
Bayar:0:0);
readln;
until keypressed;
End.
B. Perintah Write dan Writeln
Perintah write
dan writeln keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk menuliskan
parameternya ke layar monitor. Perbedaannya adalah, perintah writeln secara
automatis akan menambahkan garis baru setelah menuliskan parameternya ke layar
monitor, sedangkan perintah write tidak.
C. Type Data
Type Data adalah
Tipe sebuah objek menentukan himpunan nilai yg dapat dimilikinya dan operasi
yang dapat dilakukan pada objek tersebut. Penjelasan mengenai type data dapat
anda baca dalam modul II, “Tipe Data, Operator dan Ekspresi”
D. Variabel dan Konstanta
Variable adalah
object pascal yang nilainya dapat berubah ubah. Sedangkan konstanta adalah
object pascal yang nilai nya selalu tetap atau tidak dapat berubah.
Konstanta dapat
dideklarasikan didalam program (Pada Blok Const), contoh
Const
Phi = 3.14;
Variabel dapat
dideklarasikan didalam program (Pada Blok Var), Contoh
var
nama
: String;
dimana String
adalah type data yang digunakan untuk menyimpan
text
E. Perintah Read dan Readln
Perintah read
dan readln keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu untuk membaca inputan dari
keyboard. Perbedaannya adalah, perintah readln secara automatis akan
menambahkan garis baru setelah proses pembacaan, sedangkan perintah write
tidak.
F. Perintah Operator Assignment
Memberikan nilai
pada sebuah variable selain dengan menggunkan perintah read/readln dapat juga
menggunakan Operator Assignment atau operator penugasan, dengan perintah ‘ := ‘.
Contoh :
Hasil := B1
+ B2;
0 komentar:
Posting Komentar